Pemkot Jaktim Pindahkan Korban Kebakaran Pasar Gembrong ke Rusun CBU

Pemkot Jakarta Timur memindahkan sementara warga korban kebakaran Pasar Gembrong ke Rumah Susun Cipinang Besar Utara (Rusun CBU) di Kecamatan Jatinegara.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan, sebanyak 200 pengungsi direlokasi ke Rusun CBU.

Es memberi 200 pengungsi. Saya katakan kepada teman-teman saya tidak bisa seperti ini di darat (tanah terbuka yang digunakan sebagai tempat perlindungan), itu tidak manusiawi. Kami memiliki apartemen di CBU yang baru dibangun,” kata Muhammad Anwar di Jakarta. Selasa (10/10/5/2022).

Anwar menambahkan, 200 pengungsi itu nantinya juga akan disiapkan untuk segala prosedur pemindahan ke apartemen CBU dari desa dan kecamatan tertulis, seperti: B. Data dan fasilitas lainnya.

Mengenai penanganan pasca kebakaran, Anwar mengatakan pihaknya memastikan bahwa organisasi perangkat daerah (OPD) terkait menjalankan tugasnya seperti menjalankan dapur umum, pemulihan trauma, dan pendidikan asing.

Oleh karena itu, diharapkan setelah bangkitnya kembali lokasi kebakaran Pasar Gembrong, warga sudah memiliki pola hidup yang baik dan dididik tentang cara menghadapi atau mengantisipasi kebakaran.

Pemkot Jakarta Timur juga berencana merevitalisasi permukiman korban kebakaran di RW 01 Pasar Gembrong, Cipinang Besar Utara, Jatinegara.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan sebelum revitalisasi, pihaknya akan memastikan hak atas tanah masing-masing warga terdampak agar tidak ada kesalahan hukum.

Pertama kita akan memeriksa negara. Jangan sampai membangun orang lain di atas tanah, membuat kesalahan, melanggar hukum,” kata Anwar.

Anwar menambahkan, pihaknya juga akan menyurati Kejaksaan Negeri Jakarta Timur dalam waktu dekat dan meminta pendapat hukum tentang status negara tersebut.

Keberhasilan rapat mengenai rencana revitalisasi fasilitas pasar Gembrong menunjukkan bahwa pada Minggu malam (24 April 2022) total 185 rumah dengan 432 kepala keluarga dan 691 jiwa terdampak bencana kebakaran.

Revitalisasi dilakukan bekerjasama dengan Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta.

Nantinya, revitalisasi Pasar Gembrong akan dilakukan dalam waktu dekat agar menjadi kawasan terpadu.

“Kebangkitan ini sejalan dengan arahan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menata lingkungan pasar Gembrong seperti direstorasi atau ditata dengan baik pasca kebakaran,” kata Anwar.

Pemkot Jakarta Timur korban kebakaran pasar Gembrong di apartemen CBU.

Posted on

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *