Indonesia dan Ekuador Sepakati Kerja Sama Pemberantasan Narkoba

Petrus R. Golose, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Menteri Dalam Negeri Ekuador Patricio Carrillo menandatangani letter of intent (LoI) bilateral untuk bekerja sama mencegah dan memerangi perdagangan gelap.

Kesepakatan tersebut menjadi dasar bagi kedua negara untuk menjalin kerja sama pemberantasan narkoba, kerja sama berbagi informasi dan kerja sama lainnya yang dipandang perlu. Demikian keterangan tertulis KBRI Quito, Sabtu (28 Mei), dikutip dari Antara.

Penandatanganan kesepakatan dilakukan pada 25 Mei 2022 di Markas Besar Kepolisian Ekuador di Quito usai pertemuan kedua perwira yang juga dihadiri Dubes RI untuk Ekuador Agung Kurniadi, Deputi Polri Penyelamatan Moundinador Komjen Fausto Salinas.

Kerja sama pemberantasan narkoba melengkapi dukungan KBRI untuk memperluas dan memperdalam ruang lingkup dimensi kerja sama bilateral,” kata Agung.

Dalam pertemuan yang menurut KBRI produktif dan terbuka itu, Kepala Badan Narkotika Nasional dan Menteri Dalam Negeri Ekuador sepakat bahwa masalah peredaran narkoba harus menjadi badan global Menteri Dalam Negeri Ekuador.

Keduanya juga berbagi potensi dan upaya yang dapat dilakukan kedua lembaga untuk memperkuat kerja sama dalam menangani perdagangan gelap narkoba di tingkat yang lebih tinggi.

Di akhir pertemuan, Peter menghadiahkan rekannya dari Ekuador jaket BNN bertuliskan “Perang Terhadap Narkoba”.

Menteri Carrillo dan Komisaris Polisi Salinas kemudian melepas jas dan seragam dinas serta mengenakan jaket BNN sambil berpose di depan wartawan.

Posted on

Leave a Reply

Your email address will not be published.