Fakta-Fakta Penemuan Jenazah Eril di Bendungan Engehalde

Jenazah Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, ditemukan di Bendungan Engehalde di Sungai Aare, Bern, Swiss, pada Rabu, 8 Juni 2022, pukul 06.50 waktu setempat. Ridwan Kamil pun telah terbang ke Swiss pada Kamis kemarin.

Duta Besar RI untuk Swiss Mulaiman D Hadad telah mengumumkan penemuan jenazah pemuda bernama panjang Emmeril Kahn Mumtadz tersebut. KBRI mendapatkan kepastian itu melalui aparat polisi.

“Kemarin kepolisian kantor Bern telah bertemu kami di kantor KBRI Bern bersama keluarga untuk menyampaikan informasi awal mengenai ditemukannya jasad yang diduga adalah ananda Eril sekitar jam 6.50 pagi waktu Swiss,” kata Mulaiman dalam konferensi pers daring, Kamis, 9 Juni 2022.

Berikut sejumlah fakta terkait penemuan jenazah Eril:

1. Ditemukan sejauh sekitar 6 kilometer dari lokasinya dinyatakan hilang

Eril hanyut setelah berenang di kawasan Schonausteg pada Kamis, 26 Juni 2022. Saat itu, dia berenang bersama adik dan seorang rekannya. Adik dan rekannya selamat sementara Eril disebut terseret arus yang membesar.

Jenazah Eril di temukan di Bendungan Engehalde yang terletak sekitar 6 kilometer ke arah Utara. Proses pencarian selama 14 hari pun dinyatakan dihentikan dengan penemuan tersebut.

2. Dipastikan melalui tes DNA

Kepolisian Bern memastikan identitas jenazah yang mereka temukan itu dengan menggunakan tes DNA. Tes dilakukan langsung di hari penemuan itu.

Hasil tes keluar pada Kamis siang, 9 Juni 2022 waktu Swiss. Polisi memastikan jenazah itu adalah Emmeril Kahn Mumtadz melalui rilisnya pada pukul 13.45 waktu setempat.

3. Sudah diserahkan ke keluarga

Adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman, menyatakan bahwa pihak keluarga telah menerima jenazah Eril dari Kepolisian Bern. Dia juga menyatakan telah menyempurnakan hak Eril selaku muslim dengan memandikannya, mengkafani dan menyalatkannya.

“Sejauh memungkinkan dengan menjaga kehormatan kondisinya,” kata Elpi dalam konferensi pers bersama Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad, Kamis, 9 Juni 2022.

4. Ridwan Kamil Berencana Memakamkan Eril pada Senin, 13 Juni 2022

Ridwan Kamil langsung terbang ke Swiss pada Kamis pagi, 9 Juni 2022, setelah mendengar penemuan jenazah putranya. Melalui akun media sosial twitter, dia mengungkapkan rencana pemulangan dan pemakaman Eril.

Dia menyatakan jenazah Eril kemungkinan akan tiba di tanah air pada Ahad, 12 Juni 2022. Emmeril Kahn Mumtadz rencananya akan dikebumikan sehari setelahnya, Senin, 13 Juni 2022.

Eril berada di Swiss bersama ibunya, Atalia Praratya dan rombongan keluarga. Mereka kabarnya sedang mencari kampus karena pemuda yang berstatus mahasiswa tingkat akhir Institut Teknologi Bandung (ITB) itu berencana melanjutkan studi S2 di sana.

Ridwan Kamil sedang berada di Inggris saat kejadian itu. Dia disebut tengah melakukan kunjungan kerja. Ridwan pun langsung terbang ke Swiss begitu mendengar kabar putranya hanyut di Sungai Aare.

Pencarian selama 14 hari sempat terkendala masalah cuaca buruk. Otoritas Bern disebut tak bisa menurunkan pasukan penyelam karena kondisi arus yang kencang dan air Sungai Aare yang kurang jernih. Alhasil, pencarian jenazah Eril dilakukan dengan metode menyisiri sungai menggunakan perahu.

Posted on

Leave a Reply

Your email address will not be published.